Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Ini Rekomendasi Pjs. Bupati Indramayu

Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Ini Rekomendasi Pjs. Bupati Indramayu


Facebook Twitter WhatsApp Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email Print
Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Ini Rekomendasi Pjs. Bupati Indramayu

Hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Kabupaten Indramayu memperoleh nilai 65,09 dengan predikat “B”. Hal tersebut menunjukkan implementasi SAKIP sudah berjalan baik pada pemerintah daerah. Namun demikian, masih perlu adanya sedikit perbaikan dan komitmen dalam manajemen kinerja.

Hal tersebut ditegaskan Pjs. Bupati Indramayu Dr. H. Dedi Taufik, M.Si., ketika memberikan arahannya pada MCP SAKIP di Ruang Ki Tinggi Setda Indramayu, Kamis (31/10/2024).

Menurutnya, dengan capaian itu, seluruh pihak di Pemkab Indramayu harus meningkatkan beberapa indikator yang dijadikan sebagai evaluasi agar terus mengalami peningkatan dari apa yang sudah dicapai saat ini.

Beberapa hal yang harus ditingkatkan dan menjadi rekomendasi di antaranya: seluruh SKPD harus mengirimkan pengukuran kinerja ke website Menpan RB, melakukan review dan perbaikan dokumen perencanaan SKPD dan pemerintah daerah dengan memenuhi kriteria SMART, serta melakukan review dan perbaikan penjenjangan kinerja dengan memperhatikan logical framework dan critical success factor.

Dedi Taufik juga menambahkan bahwa rekomendasi berikutnya adalah mengoptimalkan penggunaan aplikasi e-Sakip untuk monev kinerja SKPD secara berkala dan menyusun kebijakan reward dan punishment untuk terwujudnya budaya kinerja yang baik.

“Semua yang ada di Pemerintah Kabupaten Indramayu harus terpacu untuk meningkatkan pencapaian yang sudah didapatkan saat ini. Kita jangan hanya puas di predikat B, tapi harus meningkat ke BB bahkan A,” tegas Dedi Taufik.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Aep Surahman, mengatakan bahwa untuk memperbaiki capaian yang sudah diraih saat ini, setiap SKPD harus memiliki pegawai yang fokus pada pengurusan SAKIP. Hal ini agar setiap evaluasi dilakukan tepat waktu dan tidak tertinggal dari waktu yang telah ditetapkan.

“Harus ada pegawai yang menangani khusus SAKIP di masing-masing SKPD sehingga cepat dalam proses inputnya,” tegas Aep.

Kegiatan MCP SAKIP tersebut dihadiri seluruh kepala SKPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu. Pada kesempatan itu, diserahkan pula penghargaan bagi SKPD dan Kecamatan yang memperoleh nilai SAKIP tertinggi.

Share : Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email WhatsApp Print

Artikel Terkait

inquiry
aksara