KPU Indramayu Tetapkan DPS Pilkada 2024 Sebanyak 1.390.476 Pemilih

KPU Indramayu Tetapkan DPS Pilkada 2024 Sebanyak 1.390.476 Pemilih


Facebook Twitter WhatsApp Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email Print
KPU Indramayu Tetapkan DPS Pilkada 2024 Sebanyak 1.390.476 Pemilih

Signal.co.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu sesuai dengan jadwal dan tahapan telah menggelar rapat pleno rekapitulasi penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Indramayu tahun 2024 yakni sebanyak 1.390.476 pemilih dengan rincian pemilih Laki-laki sebanyak 696.261 dan pemilih perempuan sebanyak 694.215. Penetapan jumlah pemilih ini merupakan hasil dari proses coklit yang telah dilaksanakan petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) yang kemudian telah ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP) oleh tiap PPS dan PPK di masing masing kecamatan.

Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPS dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Indramayu, Masykur, M.Pd dan dihadiri oleh para komisioner lainnya yaitu Dewi Nurmalasari, Sucipta Kesuma, Zaenal Masduki dan Munawaroh. Dari jajaran sekretariat nampak hadir Sekretaris H. Cecep Nurzaman, Kasubag Rendatin Rokenda, dan Kasubag Sosdiklihparmas dan SDM, Wiky Heryatno. Rapat pleno ini juga dihadiri oleh Bawaslu Indramayu dan ditinjau langsung oleh utusan dari KPU Provinsi Jawa Barat.

Sesuai dengan tupoksinya, Sucipta Kesuma selalu komisioner Data dan Informasi bertindak memandu jalannya rapat pleno dengan mempersilahkan masing-masing utusan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk membacakan Berita Acara (BA) penetapan DPHP yang telah ditetapkan sebelumnya. Dari penyampaian seluruh PPK juga didapat informasi ada Pemilih baru sejumlah 53.407, Pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) sejumlah 66.496 dan Pemilih perbaikan data sejumlah 19.353 orang. Pemilih ini tersebar di 31 kecamatan, 317 desa/kelurahan dan 2780 TPS.

Menurut Sucipta Kesuma, DPS ini nantinya akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) sesuai jadwal setelah dilakukan pemeliharaan dan perbaikan. Secara keseluruhan rapat pleno yang dilaksanakan di Hotel Wiwi Perkasa ini berjalan dengan lancar dengan menerima masukan dan saran dari Bawaslu Indramayu. Setelah tuntas melaksanakan semua prosesnya, rapat plenopun ditutup Masykur sekira pukul 16.30 WIB dan diakhiri dengan penyampaian dokumen Berita Acara penetapan DPS kepada Bawaslu Indramayu.

Share : Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email WhatsApp Print

Artikel Terkait

aksara
inquiry