Ratusan Pelajar Ikuti Ujian MUET Di Jakpus

Ratusan Pelajar Ikuti Ujian MUET Di Jakpus


Facebook Twitter WhatsApp Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email Print
Ratusan Pelajar Ikuti Ujian MUET Di Jakpus

Signal.co.id – Hari ini, Sabtu (13 Juni 2024) di gelar kembali ujian Malaysia University English Test (MUET) yang diadakan oleh Majlis Peperiksaan Malaysia (MPM) bekerjasama dengan PT. Nizwa Pratama di bilangan Jakarta Pusat.

Ini merupakan ujian ke-6 kalinya sejak ditandatanganinya MoU pada 23 Mei 2023 dengan PT Nizwa Pratama atau ujian yang ke-11 kalinya sejak pertama kali MUET diperkenalkan di Indonesia oleh Education Malaysia Jakarta (EMI) tahun 2019.

Ujian MUET kali ini dihadiri oleh DR Hasnul Faizal Hushin Amri (J.M.W) Minister Counsellor (Education)Education Malaysia Indonesia Embassy of Malaysia .Jakarta, Adnan bin Husin Ketua Eksekutif, Majlis Peperiksaan Malaysia,Minister Counsellor (Education)Education Malaysia Indonesia Embassy of Malaysia,Jakarta, Zulfadhli Bin Hamzah Education Attace,Education Malaysia Indonesia,Embassy of Malaysia,Jakarta.

Ketua Eksekutif MPM, Adnan bin Husin dalam jumpa pers, mengatakan ,”Saya mengucapkan terimakasih kepada PT Nizwa Pratama yang telah merealisasikan MoU. Selain Indonesia, MUET juga akan memperluas kerjasama dengan negara lainnya seperti China, Pakistan, Bangladesh, Vietnam, Uzbekistan, dan beberapa negara Timur Tengah,” jelas Adnan bin Husin.

Lebih lanjut Adnan menerangkan format dalam MUET terdiri dari ujian Listening, Speaking, Reading dan Writing dengan masa berlaku 5 tahun sejak dikeluarkannya keputusan. Kehadiran MUET telah sejajar dengan CEFR, IELT dan TOEFL. Sebanyak 26 universitas dari 7 negara yaitu Singapura, Hongkong, United Kingdom, Amerika Serikat, Jepang, China dan Indonesia telah menjadikan MUET sebagai syarat untuk masuk universitas.

Di Indonesia, universitas yang telah menjadikan MUET sebagai syarat adalah UGM, IPB, dan Universitas Airlangga,” tambah Adnan.

Duta Besar Malaysia, DR. Hasnul Faizal Hushin Amri menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kerjasama tersebut dengan harapan bisa lebih ditingkatkan ke depannya dengan melakukan sosialisasi lebih luas lagi terkait program MUET ini.

“Saya mengucapkan selamat atas terlaksananya program ini. Saya berharap lebih ditingkatkan lagi untuk mengajak anak-anak di Indonesia untuk memilih MUET sebagai Test Bahasa Inggris untuk syarat masuk Universitas,” ucap Hasnul.

Sementara itu, untuk lebih meningkatkan minat anak-anak di Indonesia untuk memilih MUET sebagai Test Bahasa Inggris, Direktur PT Nizwa Pratama, Wahyu Wirayana menyatakan kesiapannya untuk melakukan sosialisasi kepada anak-anak Indonesia.

“Selain melakukan sosialisasi melalui media sosial, kami juga siap jemput bola melakukan sosialisasi secara langsung agar masyarakat tahu bahwa ada MUET yang bisa dikuti di Indonesia tanpa harus pergi ke Malaysia. Selain menghemat pengeluaran, biaya untuk mengikuti MUET pun terjangkau hanya 550 Ringgit,” jelasnya.

Jumlah calon yang telah mendaftar dengan PT. Nizwa sebanyak 246 calon. MUET kedepannya  akan kembalil  diadakan pada bulan November 2024.(UH)

Share : Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Telegram Email WhatsApp Print

Artikel Terkait

inquiry
aksara